Minggu, 16 Desember 2007

Nugget Ayam


Belum lama dapat resep nuggetnya mbak yuni dari milis belajar masakan. Pengen nyobain coz resepnya gampang banget & praktis bisa bikin banyak sekalian terus ditaruh di kulkas, nanti kalo mau makan tinggal goreng deh. Rasa nuggetnya enak, gurih & baru dikukus aja dah bisa langsung dimakan & lumayan enak. Sayangnya aku nyari cetakkan buat nyetak nuggetnya ga ketemu coz bikinnya aku dah malem banget habis pulang kerja & dah ngantuk pula jadi ya aku potong potong ala kadarnya aja deh. Ini resepnya.


Bahan

250gr daging ayam cincang
5 siung bawang merah
2 bawang putih
1/4 sdt merica
1/2 sdt garam atau sesuai rasa
3 sdm susu instan bubuk (klo gk ada, susu cair aja)
2 lembar roti tawar (boleh yg gandum, lebih baik) robek2/potong kasar dgn
tangan
1 telur ayam

Bahan panir
tepung panir secukupnya
2 telur ayam, dikocok lepas

Cara Masak :

- iris tipis tipis bawang merah dan putih, digoreng sebentar saja, ga usah kering kering.

- siapkan Food Processor (krn aku gak punya maka aku pake blender yg pendek, dipake buat halusin bumbu bumbu basah/kering) masukkan daging ayam cincang, bawang yg sudah digoreng, telur ayam, potongan roti, susu, merica, garam, gula. Blender hingga halus.


- Kukus adonan dalam loyang hingga matang kurang lebih 45 menit (mengetes masakan yg dikukus sudah matang atau belum dgn cara ditusuk tengah tengahnya pake garpu/tusukan sate/gigi. kalau tusukan nya kering, tidak basah/lengket, artinya sdh 100% matang. Kalau tidak ada loyang, adonan di gulung lonjong, bungkus dlm aluminum foil atau pakai alumunium foil yang sudah siap pakai juga bisa (aku pake ini)

- Iris sesuai selera (bisa juga pake cetakan kue kering - yg bentuknya lucu lucu), masukan kedalam telur kocok, lalu tepung panir, boleh diulangi 1x klo mau tepung panirnya agak tebal. Lalu simpan dalam wadah tertutup difreezer minimal 1 jam biar tepungnya nempel. Goreng ketika mau dimakan.

Tidak ada komentar: