Minggu, 02 Desember 2007

Bakmi Jawa Modifikasi


24 November 2007

Sabtu Kemarin Ayahnya Danish pengen makan Bakmi Jawa & ngubek ngubek resep yang ada di internet sambil di modifikasi dikit, disesuaikan dengan bahan bahan yang ada, jadilah Mie Jawa Kumplit ala bundanya danish... Sengaja bikin mienya aku pisah dengan kuahnya karena aku bikinnya banyak sekalian & biar gampang kalo pengen lagi kan tinggal manasin kuahnya...

Gurih rasa kaldunya yang hangat berasa banget dicampur segernya sayur sayuran & ditambah suwiran ayam & bawang goreng yang kriuk jadi bikin lapar nih. Danish aja maunya mam terus, pengen nambah & nambah lagi .. he...he.. **GR mode on nih**..

Bahan :
2 bungkus Mie telur
2 butir telur ayam dikocok lepas
Sawi hijau atau putih juga boleh
Daun kol
3 batang daun bawang ( aku biasanya sebagian aku iris tipis tipis untuk taburan & sebagian lagi aku iris besar besar untuk dimasukkan kedalam kuah)
tomat buang bijinya
5 buah baso ayam
Setengah ekor ayam pejantan / ayam sate (kaldunya berasa banget pake ayam jenis ini .. biasanya ayam ini yang sering dipake untuk membuat minyak ayam & ayam di tukang tukang mie ayam gitu lho...& karena biasanya ayamnya agak besar jadi aku pakenya setengah ekor aja or kadang seperempat aja juga dah cukup.)
Margarin untuk menumis bumbu & merebus mie
Minyak Goreng untuk menggoreng ayam
Gula pasir + garam sebagai pengganti penyedap.
jahe sedikit & bawang putih 1 siung untuk merebus ayam biar tidak amis
Air 2 liter
Bawang Goreng
Emping Goreng/ kerupuk udang

Bumbu dihaluskan
Kemiri 8 buah
Bawang Merah 4-5 siung
Bawang Putih 3 siung
Lada setengah sendok teh
Garam Secukupnya


Cara Masak :

** Mie

Mie di rebus sampai matang. Sewaktu merebus beri sedikit margarin agar mie setelah diangkat tidak lengket. Tiriskan & sisihkan.


** Suwiran Ayam

Rebus ayam dengan irisan tipis jahe & bawang putih. Buang buihnya. Setelah ayam empuk. angkat & sisihkan. Panaskan minyak goreng & goreng ayam hingga kecoklatan (tidak perlu terlalu kering). Lalu ayam disuwir suwir untuk taburan.


** Kuah

Tumis Bumbu yang dihaluskan dengan margarin hingga wangi, masukkan baso ayam yang sudah dipotong potong . Masukkan sayuran. Setelah seperempat matang kecilkan api. (Sayurannya ikut ditumis karena menurut saya & keluarga rasanya lebih enak dibandingkan langsung dimasukkan ke air kaldu)

Didihkan Panci yang telah terisi kaldu tadi. Masukkan telur sambil diaduk hingga rata & berbentuk serpihan serpihan. Masukkan tumisan bumbu, baso & sayuran.Setelah sayuran layu, kecilkan api. Beri Garam & gula pasir secukupnya sebagai pengganti penyedap rasa. Bila ingin tetap hangat bisa ditaruh di panci dengan api kecil

Cara Penyajian :
Taruh Mie diatas mangkok, Tuangi kuahnya, beri irisan daun bawang, suwiran ayam & bawang goreng. Dimakan dengan Emping/kerupuk udang, atau bisa juga ditambahkan saos botolan bila suka.

Tidak ada komentar: